Sosmed:

Minggu, 12 Februari 2017

KARSIN BERI PELATIHAN OLAH SAMPAH DI BRUMBUNG DEMAK

Demak - Permasalahan sampah memang terjadi dimana-mana, tidak hanya di Desa Jetis, di kota pun sampah masih menjadi masalah tersendiri yang harus dihadapi oleh masyarakatnya. Tak terkecuali di desa Brumbung, Kecamatan Mranggen Demak, sebuah desa yang terletak tidak jauh dari Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini, juga mengalami permasalahan dalam penanganan sampah. Oleh karenanya Pemerintahan Desa Brumbung, meminta secara khusus kepada Kelompok Paving Blok Plastik Lestari Bumi Desa Jetis yang dimotori oleh Bapak Karsin, untuk datang ke desa Brumbung guna memberi pelatihan pengelolaan sampah menjadi barang yang memiliki nilai guna. Kepala Desa Brumbung, Akib Musadad S.Kom, mengakui sampah anorganik seperti plastik masih banyak ditemui di  tempat tinggalnya dan kurangnya kesadaran masyarakat akan sampah plastik ini, mendorong beliau untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan cara pelatihan pengelolaan sampah plastik yang diubah menjadi Paving Blok.


Kegiatan pelatihan pengolahan sampah plastik ini diselenggarakan di aula kantor kepala desa Brumbung, Mranggen, Minggu (12/2) dengan pemberi materi dari Kelompok Paving Blok Plastik Lestari Bumi Desa Jetis, diikuti sekurangnya 50 peserta yang datang dari pengurus PKK, karang taruna, dan masyarakat umum Desa Brumbung. Dalam pelatihan ini, disuguhkan materi pengenalan berbagai macam sampah, permasalahan yang ditimbulkan langsung oleh sampah, dan penanganan masalah sampah, yang salah satunya adalah mengolah sampah anorganik khususnya plastik menjadi paving blok. Proses pembuatan paving blok berbahan dasar sampah juga dijelaskan dalam kegiatan ini selain itu ada praktik pembuatan paving blok yang dilatih langsung oleh Bapak Karsin.


Antusiasme peserta begitu besar dalam acara ini dengan aktif bertanya tentang bagaimana proses pembuatannya, kelebihan apa yang dimiliki produk paving dari bahan dasar plastik ini, serta kedepannya mereka akan lebih serius untuk mengolah sampah di tempat tinggal mereka. Tak hanya itu, peserta juga melihat langsung proses pembuatan paving blok dari proses awal pembakaran, pencetakan, hingga menjadi paving blok. Camat Mranggen, Wiwin Edi Widodo yang ikut memberikan sambutan dalam kegiatan ini, menekankan pentingnya pegolahan sampah di daerahnya, apa yang Bapak Karsin berikan diharapkan bisa diamati, dicontoh, dan dimodifikasi, sehingga secara tidak langsung akan mengurangi permasalahan sampah. Kepala Desa Jetis Cahyani Dwi Hargani yang turut serta dalam rombongan Bapak Karsin menambahkan, apa yang kita lakukan hari ini adalah bentuk kerjasama antar desa  dalam rangka mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah (UH)

0 komentar:

Posting Komentar