Sosmed:

Minggu, 12 Februari 2017

TIM LESTARI BUMI JETIS KUNJUNGI PURI GEDEH



Semarang - Paving Blok dari bahan sampah plastik karya Bapak Karsin yang begitu booming di pemberitaan media cetak maupun elektronik, pada prosesnya sampai terdengar oleh Ibu Siti Atikoh, Istri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Beliau secara khusus mengundang Bapak Karsin bersama Tim Lestari Bumi Desa Jetis, untuk mampir ke rumah dinas gubernur Jawa Tengah "Puri Gedeh" Jalan Gubernur Budiono, Gajahmungkur, Semarang. Di akhir kunjungannya setelah memberi kuliah singkat tentang pengelolaan sampah plastik di Desa Brumbung Demak, Tim Lestari Bumi Desa Jetis menyempatkan untuk memenuhi undangan dari Ibu Siti Atikoh pada Minggu (12/2)

Kedatangan Tim Lestari Bumi Desa Jetis disambut oleh ajudan Ibu Siti Atikoh. Tak lama berselang, Ibu Atik, (panggilan akrab) mempersilahkan tim untuk menempati ruang tamu. Pertemuan ini berlangsung tertutup selama kurang lebih 90 menit dari pukul 15.00 sampai dengan 16.30. Dalam pertemuan ini, tim mempromosikan hasil produksi Desa Jetis berupa paving blok yang terbuat dari sampah plastik. Pada mulanya Ibu Atik bingung, bagaimana proses pembuatannya. Setelah dijelaskan oleh tim dan ditontonkan beberapa video dokumentasi yang diambil dari cuplikan berita di tv swasta, Ibu Atik bisa menangkap proses pembuatannya, beliau mengibaratkan pembuatan paving blok ini seperti  pembuatan cokelat batangan. Ibu Siti Atikoh memberi wejangan bagaimana caranya produk paving blok dari bahan sampah plastik ini bisa bersaing dengan paving pada umumnya. Beliau juga menekankan agar tim berusaha memasarkan produk paving ini dengan menonjolkan kelebihan paving sampah plastik, sehingga konsumen bisa membeli produk tersebut tanpa ragu.  Antusiasme ibu gubernur terlihat manakala tujuan dari pembuatan paving sampah plastik ini tidak hanya dari sisi ekonominya saja, namun juga supaya sampah plastik bisa dimanfaatkan untuk dibuat barang yang memiliki manfaat dalam jangka panjang, bukan hanya sekedar barang dari sampah yang akhirnya kembali jadi sampah. Ibu Gubernur juga memamerkan produk dari suatu daerah di Jawa Tengah berupa tas yang terbuat dari ban mobil bekas. Namun sayang, pada waktu yang bersamaan, tim tidak bisa bertemu dengan Gubernur, Ganjar Pranowo yang manakala itu sedang melakukan kunjungan ke Ambarawa. 

Harapan beliau apa yang menjadi niat dari Tim Lestari Bumi, untuk terus diteruskan, dan diperbanyak hasil produksinya sehingga secara tidak langsung membantu Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah dalam menangani masalah sampah plastik. Beliau juga berjanji dalam waktu dekat akan mengupayakan untuk mengunjungi sentra pembuatan paving blok Lestari Bumi Desa Jetis disela-sela kunjungannya ke Purbalingga. (UH)

0 komentar:

Posting Komentar