Sosmed:

Minggu, 07 Mei 2017

Gerakan Macan Manis Mulai Diadopsi di Desa Jetis

Pemerintahan Desa Jetis bekerja sama dengan KKN IAIN Purwokerto, secara resmi meluncurkan gerakan Macan Manis. Gerakan ini merupakan singkatan dari mama cantik menanam cengis, Senin 8 Mei 2017. Kegiatan ini adalah wujud tindak lanjut kegiatan serupa yang telah dicetuskan oleh Bupati Purbalingga secara serentak pada awal April kemarin. 



Cahyani Dwi Hargani, Kepala Desa Jetis mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengertian arti pentingnya lahan pertanian di sekitar rumah, sehingga para ibu rumah tangga dituntut untuk memanfaatkan lahan sempit disekitar lingkungan rumah dengan cara ditanami tanaman apotik hidup, sebagai contoh adalah tanaman cengis.


Bertempat di aula Balai Desa Jetis, kegiatan ini diikuti oleh sedikitnya 70 ibu-ibu perwakilan dari masing-masing RT, turut mengundang pula Didit Erianto dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kemangkon. Dalam uraiannya, beliau memberikan bagaimana cara tanam cengis dengan media polybag. Dijelaskan pula bagaimana cara mengolah campuran tanah yang baik untuk media tanam, serta bagaimana cara perawatannya.  

Ketua KKN IAIN Purwokerto, Miftakhun Ni'am dalam sambutannya menjelaskan, tujuan lain kegiatan menanam cengis ini adalah untuk memberikan alternatif warga dalam mengurangi ketergantungan membeli bahan makanan di warung, karena dengan menanam cengis dan tanaman holtikultura di rumah, warga bisa menghemat pengeluaran untuk dapurnya. Tim KKN IAIN Purwokerto menyediakan 400 buah polybag lengkap dengan tanah dan bibit cengis untuk dibagikan ke warga secara cuma-cuma. (UH)

0 komentar:

Posting Komentar