Sosmed:

Senin, 11 November 2013

HUJAN ANGIN RUSAK 55 RUMAH

Purbalingga - Hujan deras disertai angin kencang, Senin (11/11) sore, mengakibatkan 55 rumah rusak. Masing-masing di wilayah kecamatan Kemangkon dan di wilayah Kaligondang. Selain kerusakan rumah, puluhan pohon di beberapa titik juga roboh diterjang angin.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Priyo Satmoko menjelaskan, rincian kerusakan masing-masing di desa Gambarsari, Muntang, Karangtengah, dan Jetis kecamatan Kemangkon. Kemudian di desa Penolih kecamatan Kaligondang.
Kejadian di Gambarsari termasuk kedalam wilayah dengan kerusakan terparah dengan rincian 4 rumah rusak berat dan roboh, 1 rumah rusak sedang, 40 rumah rusak ringan serta merobohkan pohon-pohon besar. Di desa Muntang ada 3 rumah rusak sedang, sedangkan di Karangtengah dan Jetis masing-masing 1 rumah. Kejadian bersamaan juga terjadi di desa Penolih dengan kerusakan rumah 1 unit.
"Data itu baru awal kejadian dan masih bersifat sementara. Kerusakan rumah yang masuk kategori berat karena tertimpa pohon maupun semua bagian rumah rusak," katanya, Senin (11/11)
Akiat kejadian itu, BPBD menaksir kerugian mencapai Rp60 juta. Pihaknya dalam waktu dekat, akan mengirim bantuan darurat seperti logistik dan perlengkapan material rumah, seperti seng, semen, papan, dan
"Hari ini kita turun ke lapangan lagi dan memberikan bantuan sementara. Selanjutnya semua korban rumah itu kita usulkan untuk menerima bantuan dana bencana," tambahnya.
Bantuan untuk rusak berat masing-masing Rp 1,5 juta dan sedang Rp 500 ribu.Bantuan itu harus diusulkan melalui Bagian Kesra Setda Purbalingga. Namun untuk bantuan tanggap darurat seperti beberapa bahan bangunan dan logistik, bisa disalurkan lebih dulu. 
triplek.
Priyo mengatakan akan kembali melakukan verifikasi kerusakan hari ini. Tujuannya agar data yang didapatkan valid dan siap diajukan untuk proses turunnya bantuan dana bencana lebih cepat.

0 komentar:

Posting Komentar